Live Action


Home » » Resep Kacang Bawang

Resep Kacang Bawang

Written By Lukmanul Hakim on Senin, 20 Juni 2016 | 07.20

Cemilan yang pasti ada di meja tamu pada saat hari raya Idhul Fitri, salah satunya adalah kacang bawang. Anda pun pasti tak pernah absen menyajikannya, bukan? Untuk mendapatkan kacang bawang yang cantik tampilannya, pilihlah kacang yang masih baru, tidak banyak yang pecah. Di pasar banyak dijual kacang yang sudah dikupas kulit arinya, sehingga anda tinggal membumbui dan menggoreng. Namun ada juga yang menjual kacang masih dengan kulit ari, biasanya dengan harga jual yang lebih murah. Untuk alasan kepraktisan, anda sebaiknya membeli yang sudah dikupas, tapi jika tidak ada yang belum dikupas pun tidak masalah. Anda cukup merendam kacang tersebut selama kurang lebih 10 menit dengan air panas, dan kulit ari kacang tanah bisa dengan mudah dihilangkan. Hanya saja, jika kacang direndam dalam air panas terlebih dahulu, biasanya hasilnya akan sedikit lebih keras jika dibandingkan dengan yang langsung dibumbui.
Untuk mendapatkan rasa bawang putih yang mantap, dalam resep kacang bawang ini, kami tidak hanya menggunakan bawang putih yang dihaluskan, tetapi juga dengan irisan bawang putih yang goreng dan dicampurkan dalam kacang.

Resep Kacang Bawang
 
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu total
 
Penulis:
Macam resep: Cemilan
Cuisine: Indonesia
Saran penyajian: 1.5kg
Bahan-bahan
  • 2 kg kacang tanah kupas
  • 10 siung bawang putih
  • 2 sdm garam
  • 5 siung bawang putih, cincang halus, goreng
  • 1.5 liter minyak goreng
Cara membuat
  1. Haluskan 10 siung bawang putih dan garam, tambahkan 5 sdm air untuk melarutkan.
  2. Campur kacang tanah dengan bumbu halus dan biarkan selama 3 jam.
  3. Goreng kacang dengan minyak banyak dan panas dengan api sedang hingga keemasan. Angkat.
  4. Masukkan gorengan bawang putih cincang, aduk rata, dinginkan dan simpan dalam stoples kedap udara.

Saat menggoreng kacang, tidak perlu menunggu hingga warnanya kecokelatan, cukup hingga kuning keemasan saja. Karena proses pematangan akan terus berlangsung hingga kacang diangkat dari minyak dan didinginkan. Jika menunggu sampai kecokelatan, maka kacang bawang akan menjadi kehitaman, dan tidak cantik lagi dipajang di stoples. Cemilan ini termasuk mudah dibuat dan tidak memerlukan biaya banyak, namun tetap banyak penggemarnya. Selamat membuat resep kacang bawang, semoga berhasil. Jangan lupa untuk berbagi resep ini dengan teman-teman anda di twitter, google+ dan pinterest.

0 komentar:

Posting Komentar